Senin, 03 Desember 2018

Anak Kecanduan Gadget Merusak Otaknya, 5 Langkah ini Dapat Mencegahnya

Anak Kecanduan Gadget



Kecanduan/Adiksi

Anak yang mengalami kecanduan gadget akan mengalami kerusakan struktur otaknya. Sebelum ke pembahsan lebih jauh saya akan membahas tentang arti candu atau kecanduan yang menjadi inti permasalahan yang akan kita bahas pada artikel ini. Suatu hal yang sifatnya kecanduan/adiktif itu tidak baik, karena saat anda mengalami kecanduan maka anda akan mengalami kerusakan struktur pada otak pada bagian pre frontal cortex. Otak bagian ini adalah bagian otak yang membedakan otak manusia dengan hewan dan fungsi otak ini adalah untuk berpikir logis, menilai baik dan buruk, merencanakan sesuatu, berempati pada orang lain, kecerdasan intrapersonal (kecerdasan mengenali diri dan lainnya. Jika bagian otak ini rusak maka anda akan melakukan hal yang menjadikan anda kecanduan tanpa memperhitungkan baik buruk, benar salah dan lain-lain yang intinya fungsi kontrol diri sudah hilang. 

Anak kecanduan gadget dan 5 langkah untuk mencegahnya.

Sangat disayangkan padahal pada usia balita perkembangan otak anak sedang pesatnya, jangan sampai gadget ini mempengaruhi otak pre frontal cortexnya yang sudah saya jelaskan diatas yang akan merusak masa depan anak-anak kita
Anak saya yang masih balita sering meminta ponsel android saya, jika saya tidak memberikannya maka dia akan mengamuk, menangis teriak atau tantrum. Hal ini mungkin anda alami juga sebagai orangtua. Dan kita sebagai orangtua tentu bertanggung jawab untuk melakukan langkah preventif. Berikut 5 langkah pencegahan anak yang kecanduan gadget

1. Children see children do

“Children see Children do”  maksudnya adalah orangtua memberikan contoh yang baik karena apa yang dilihat oleh anak itulah yang akan dilakukannya, jadi pencegahan yang pertama adalah orangtua memberikan contoh yang baik terkait gadget. Bisa jadi anak kita kecanduan gadget dikarenakan kita juga kecanduan fb, twitter, youtube dan media sosial berbasis gadget. Maka intropeksi adalah penting, sudahkah kita memberi contoh yang baik pada anak kita terkait gadget?

2. Batasi penggunaan gadget berdasarkan kelompok  umurnya

Panduan dari Canadian Padiatric dan The American Academi of Padiatric sebagai berikut Umur 2 tahun : Dampingi anak saat menggunakan gadget, 2-4 tahun : waktu bermain gadget kurang dari 1 jam sehari,  5 tahun ke atas : baiknya kurang dari 2 jam per hari.

3. Jadwal anak kita untuk bermain gadget.

Tidak bijak kalau kita menghindarkan anak secara penuh dari gadget, karen gadget adalah produk iptek terkini yang perlu kita kenalkan pada anak dan jika tepat penggunaanya maka gadget ini dapat memberikan perkembangan positif pada anak kita. Oleh karena itu berikan waktu – wktu tertentu untuk anak untuk bermain gadget.

4. Berilah pemahaman dampak positif dan negatif gadget

Anak-anak kita adalah makhluk logis sperti kita, jika kita menjelaskan dan menyampaikan dampak postif dan negatif penggunaan gadget maka anak kita akan memahaminya dengan baik sebaagai acuan dirinya dalam bermain gadget.

5. Berilah apresiasi pada anak.

Jika anak melaksanan peraturan kita tentang gadget maka berilah dia apresiasi atau bahkan hadiah sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kita pada dia. Hal ini akan memotivasi anak kita untuk bermain gadget denga bijak sebagai mestinya.

Itulah 5 langkah untuk mencegah anak kita dari kecanduan gadget, sebagai orangtua tentulah kita ingin anak-anak kita menjadi anak anak yang bijak dalam menggunakan gadget maka kita juga harus memberi contoh yang bijak dalam menggunakn gadget. Selamat mencoba ayah bunda hebat.

ADMIN 2

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.